Revolusi Industri dari Awal Sampai Sekarang

Revolusi Industri dari Awal Sampai Sekarang

kakferryse.blogspot.com - Halo Sobat Blogger, Apa kabar? semoga sehat selalu jasmani dan rohani nya yaa. Di halaman ini yuk kita bahas sedikit mengenai Revolusi Industri dari Awal Sampai Sekarang.

Apa itu Revolusi Industri?
Revolusi Industri itu kurang lebih artinya Perubahan besar terhadap cara manusia dalam mengolah sumber daya (alam, manusia, energi dll) dalam memproduksi barang atau jasa.

Sampai saat ini (tahun 2020 artikel ini ditulis) sudah EMPAT kali terjadi perubahan Revolusi Industri. Apa saja yang sudah terjadi dari keempat kali proses revolusi tersebut, yuk kita bahas. . .

Revolusi Industri 1.0
Revolusi Industri yang pertama terjadi pada abad 18 atau tahun 1800 an, hal ini dimulai dengan ditemukan dan mulai digunakannya MESIN UAP dalam proses produksi barang.

Dimulai di negara Inggris, mesin uap digunakan sebagai alat tenun mekanis pertama untuk meningkatkan produktivitas industri tekstil. Kenapa penemuan ini menjadi penting?

Karena sebelum adanya mesin uap ini, suatu industri hanya mengandalkan tenaga otot(manusia), tenaga air(alam), dan tenaga angin(alam) dalam menggerakan apapun (sumber daya terbatas).

Revolusi Industri 2.0
Revolusi industri yang kedua terjadi pada awal abad ke-20, hal ini ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Nahh jadi tenaga mesin uap sudah mulai tergantikan dengan tenaga listrik secara perlahan pada era ini.

Hal yang paling berdampak pada era ini adalah produksi mobil secara massal, namun masih terkendala dalam proses perakitan dimana harus dilakukan oleh orang banyak dalam satu tempat yang bersamaan.

Produksi massal yang benar-benar terjadi secara otomatisasi oleh suatu mesin atau robot baru terlaksana di revolusi industri 3.0 dibawah ini, yukk kita lanjutt..




Revolusi Industri 3.0
Pada abad ini era industri sudah mulai berakhir, peranan manusia sudah berkurang atau sedikit bergeser oleh tenaga mesin(komputer) atau robot.

Pada abad inilah era Informasi dimulai dimana kemajuan tekhnologi dalam bidang kumputer semakin berkembang, dimulai dari penemuan semi konduktor, transistor, lalu Integrated Chip(IC) yang membuat ukuran komputer semakin kecil tapi dengan kemampuan yang luar biasa.

Tidak sampai disitu, dengan berkembangnya tekhnologi komputer segala perangkat yang terhubung ke komputer pun semakin berkembang yang awalnya dari Analog menjadi Digital.

Misalnya disket, klise film, atau kamera poket mulai tergantikan dengan flashdisk, sd card atau sejenisnya dan kamera digital.

Revolusi Industri 4.0
Konsep atau istilah ini pertama kali dikenalkan pada pameran industri di Hannover, Jerman tahun 2011. Hal yang paling berkembang pesat adalah 'Internet' dengan munculnya istilah Internet of Things, Cloud Computing, Machine Learning dan juga Artificial Intelligence.

Hal ini adalah hasil peningkatan dari revolusi sebelumnya yang sudah menggunakan komputerisasi atau otomatisasi melalui sebuah program yang sudah dirancang untuk tujuan tertentu.

Contoh dari kemajuan pada abad era informasi ini adalah hadirnya mesin pencari terbesar didunia yaitu Google, banyak orang menggunakan tool ini dengan tujuan apapun khususnya untuk mendapatkan informasi tertentu.


Kesimpulan
Nahh.. setelah kita tahu mengenai revolusi industri dari waktu ke waktu hal apa saja yang harus kita siapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini terjadi dimana tenaga manusia sudah mulai tergantikan oleh tenaga komputer atau robot. Optimis atau pesimis? Berikut tips nya:

1. Tetap update dan belajar.
Yaa. .tetap update terhadap perkembangan informasi dan tekhnologi yang terus berkembang, hal ini seiring dengan yang telah kita alami dari beberapa perusahaan besar yang sudah tumbang/punah karena tidak memperbarui pengetahuan dan beradaptasi terhadap perubahan.

Contoh saja perusahaan telepon seluler Nokia asal Finlandia yang tergantikan oleh Blackberry, lalu terlindas lagi oleh Samsung yang mengusung operasi system Android milik Google.

2. Tetap beradaptasi
Adaptasi menjadi penting karena jika tidak akan tertinggal dan terlindas. hal ini sejalan dengan kutipan dari salah satu ilmuwan terkenal Albert Einstein yaitu "Hidup seperti mengendarai sepeda ia harus terus bergerak agar tidak terjatuh"


3. Terus tingkatkan kemampuan dalam bidang Tekhnologi
Kalau sebelumnya kita mengerjakan pekerjaan administrasi kantor khusus nya office hanya dikomputer sendiri saat ini sudah dapat dikerjakan lewat online serta dapat berkolaborasi dengan tim/organisasi sehingga lebih mudah, cepat dan efisien.

Jika sebelumnya kita berjualan lewat toko, ruko atau pasar saat ini kita dapat melakukan transaksi jual beli melalui online. Artinya sudah tidak ada batasan ruang dan waktu dalam menjalankan aktifitas selagi terhubung dengan internet. So, apa kamu sudah siap??


Salam 😤
$Jangan lupa :BACA$


*sumber: dari berbagai sumber di internet

Bagikan

Jangan lewatkan

Revolusi Industri dari Awal Sampai Sekarang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
Rabu, Juni 03, 2020 1:33:00 PM

Kita berada di era revolusi industri 4.0. Harus lebih mendalami dunia digital

Reply
avatar
Kamis, Juni 04, 2020 1:13:00 AM

Perhatikan penempatan tanda baca. Titik dan koma, juga pemenggalan kata, jangan dilakukan sembarangan karena akan mengganggu kenikmatan orang membacanya.

Reply