Penyimpanan data di awan atau cloud storage

kakferryse.blogspot.com - Apa kamu type orang yang sering berpergian untuk mengisi sebuah seminar/presentasi?
apa kamu punya banyak data file di hp atau laptop yang sering dibawa?
apa kamu type praktis yang malas bawa flashdisk atau external hardisk yang berisi data file, foto ataupun video?
apa kamu sudah tau media penyimpanan data di awan (online) atau cloud storage untuk menyimpan data-data kamu sampai kapanpun?

Nahh..kalau belum artikel ini akan sangat bermanfaat buat kamu yang punya banyak file data dengan memanfaatkan media penyimpanan data secara online yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun, dan yang paling penting fasilitas ini bisa kamu gunakan secara GRATISSS!!.

Kalau mau tau, lanjut baca sampai habis karna ini penting dan akan bermanfaat banget buat kita.

Daftar media penyimpanan data di awan (online) atau cloud storage yang sering digunakan:

1. Google drive, media penyimpanan satu ini adalah milik Google yang telah menjadi satu paket dengan aplikasi lainnya yang disebut Google suite.

Yap, Google suite adalah istilah atau fasilitas paket dari google yang didalamnya terdapat puluhan jenis aplikasi dengan berbagai macam fungsi yang berbeda-beda salah satunya adalah google drive yang berfungsi untuk menyimpan suatu file atau data secara online atau cloud(di awan).

Jadi kalau kamu sudah punya email gmail berarti kamu sudah bisa menggunakan fasilitas Google drive untuk menyimpan data-data kamu secara online.

Kapasitas penyimpanan yag diberikan secara gratis sebesar 15 gigabyte untuk seluruh aplikasi yang ada didalam google suite termasuk email, photos, bisnis, notes dll.

Tapi kamu bisa memperluas kapasitas penyimpanan dengan cara mengupgrade atau berlangganan ke paket bisnis, besaran fee of charge dari layanan tersebut tergantung dari paket yang kamu ambil.

Untuk lebih detilnya kamu bisa lihat diwebsite resmi nya Google suite yah.
2. Onecloud, kalau Google drive punya Google yang satu ini adalah milik microsoft yang terkenal dengan operasi system windows nya dan juga Ms. office yang sering kita gunakan untuk membuat surat, tabel, dan juga slide desain presentasi sehari-hari.

Fungsinya masih sama yaitu tempat penyimpanan media secara online, hmm mungkin hanya beda tampilan interface nya saja dengan yang lain. 

Untuk kapasitas nya sendiri saat ini onedrive memberikan 30 gigabyte untuk akun free dan 1 terabyte untuk akun yang berlangganan office 365.

Untuk harga berlangganan nya microsoft memberikan pilihan alternatif untuk jangka waktunya ada yang bulanan atau tahunan, ada yang paket sendiri ada juga yang paket family(6 orang) jadi bisa patungan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek di situs resminya microsoft.com

3. Dropbox, dulu sebelum saya tau Google drive atau yang lainnya justru aplikasi inilah yang pertama kali digunakan untuk menyimpan data secara online (bisa jadi ini cikal bakal lahirnya penyimpanan online sebelum ada banyak aplikasi sejenis seperti sekarang).

Kamu bisa cek dan daftar di situs dropbox.com untuk menggunakan layanan ini, yaa untuk tambah-tambah kapasitas penyimpanan lumayan kannn.

Masih banyak penyedia layanan penyimpanan data secara online atau cloud storage di dunia maya, tapi yang paling sering digunakan dan populer saat ini adalah tiga aplikasi tersebut.

Jadi, manfaatkan dulu yang sudah mimin infokan diatas nanti kedepannya akan saya share lagi beberapa penyedia layanan lainnya yang pasti lumayan buat nambah kapasitas simpan kita.

Buat kamu yang masih awam tentang media penyimpanan online, artikel selanjutnya akan saya buatkan tutorial penggunaan dari aplikasi tersebut mulai dari cara upload(menyimpan data), download(mengambil data), dan edit(mengakses data).

Staytuned terus di blog ini yah dengan cara memasukan email kalian untuk berlangganan informasi dari kami, supaya tidak ketinggalan informasi.

Salam,
$Jangan Lupa :Baca$

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyimpanan data di awan atau cloud storage
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.